Senin, 03 Oktober 2011

Soal-Soal Analisis Jabatan

1. Jelaskan pengertian dari analisis jabatan ?

Jawab : prosesmendapatkan atau mengumpulkan informasi sebuah jabatan.


2. Apa saja manfaat dari informasi analisis pekerjaan ?

Jawab : perekrutan dan penyeleksian, kompensasi, penilaian prestasi, pelatihan, menentukan

kewajiban yang tidak ditugaskan, memenuhi EEO


3. Apa tujuan dari analisis jabatan?

Jawan : Untuk memberikan pengertian tentang tugas yang terkandung dalam suatu jabatan dan

persyaratan yang harus dipenuhi untuk jabatan tersebut.


4. Ada beberapa tahap dalam proses menganalisis pekerjaan/jabatan. Tahap apa saja-kah itu, sebutkan ?

Jawab : 1. Merencanakan anlaisis pekerjaan, 2. Mempersiapkan dan menganalisis pekerjaan

3. Melakukan analisis pekerjaan, 4. Mengembangkan deskripsi pekerjaan dan spesifikasi pekerjaan

5. Mempertahankan dan memperbarui deskripsi pekerjaan dan spesifikasi pekerjaan


5. Metode- Metode apa saja Yang Digunakan Dalam Analisi Jabatan ?

Jawab : metode observasi, wawancara, dan angket.


6. Ada tiga jenis wawancara digunakan untuk mengumpulkan data analisis jabatan, sebutkan !

Jawab :wawancara individual dengan masing-masing karyawan, wawancara kelompok dengan

kelompok karyawan yang memilki jabatan yang sama, dan wawancara penyelia dengan satu atau

lebih penyelia yang benar-benar berpengetahuan tentang jabatan dengan pekerjaan yang dianalisis.


7. Apa yang dimaksud dengan dejobbing?

Jawab : Memperluas tanggung jawab pekerjaan perusahaan dan mndorong karyawan untuk tidak

membatasi diri mereka dengan deskripisi pekerjaan mereka

1 komentar:

  1. Assalamu Alaikum Waromatullohi Wabarokatuh…
    Saya riyadi malaysia.
    Di malaysia saya se'orang perantau, sudah 5tahun saya tidak pulang ke indonesia. di sini saya bekerja sebagai buru kasar di salah satu perusahaan pabrik pelstik di malaysia. impian saya ingin sekali punya usaha sendiri, pada suatu ketika saya tidak sengaja membuka situs (blog) Ki Sultan Agung, mendapatkan solusi cepat sukses melalui pesugihan dana hibah, ya... allhamdulillah saya tidak salah langkah, saya bisa dapat bantuan modal melalui ritual dana hibah bank gaib. terima kasih aki karna sudah siap membantu saya.
    “Usaha maju pesat dalam 1 bulan!” kunjungi Webnya di www.rajauanggaib.com

    BalasHapus