Senin, 21 November 2011

soal Penilaian Prestasi

  1. Apa yang dimaksud dengan Penilaian Kinerja?

Penilaian kinerja adalah proses untuk mengevaluasi seberapa baik karyawan untuk melakukan pekerjaan mereka. jika dibandingkan dengan seperangkat standart dan kemudian mengkomunikasikan informasi tersebut pada karyawan.

2. Apa yang dimaksud dengan Evaluasi ?

Menilai kinerja masa lalu sebagai dasar pengambilan keputusan manajemen

3. Apa saja manfaat penilaian kinerja?\

Perbaikan kinerja, pertimbangan untuk penyesuaian gaji, dasar bagi keputusan penempatan, data bagi analisa kebutuhan pelatihan, rencana dan pengembangan karir, evaluasi proses penempatan

  1. Apakah yang dimaksud dengan pairen comparation?

Pairen comparation adalah Penilai membandingkan seorang karyawan dengan masing-masing karyawan yang lain . Dasar perbandingan bisa prestasi keseluruhan atau untuk masing-masing faktor penilaian (kuantitas kerja, kualitas kerja dsb). Penilaian dengan metode ini dapat menimbulkan hallo effect dan recency effect, namun dapat mengatasi liniency, strictness dan central error.

5. Apa yang dimaksud dengan Direct Measure ?

Evaluasi terhadap kecakapan kerja karyawan dilakukan secara langsung, Misal jumlah produk yang dihasilkan dalam jangka waktu tertentu, jumlah barang reject, jumlah kelebihan bahan. Performance masing-masing jabatan berbeda-beda

  1. Sebutkan prinsip-prinsip wawancara !

Prinsip-prinsip wawancara yaitu :

a. Diawali dengan Rapport : melakukan pendekatan personal untuk mencairkan situasi antara penilai dan individu yang dinilai (situasi kecemasan, ketegangan karyawan menghadapi wawancara umpan balik tersebut) dengan pembicaraan-pembicaraan ringan seputar kehidupan karyawan.

b. Menjelaskan tujuan dari dilaksanakannya wawancara penilaian.

c. Gunakan sandwich model : sampaikan kelebihan-kelemahan-ditutup dengan kelebihan.

d. Isi wawancara: Jangan membahas hal-hal yang personal, Jangan membandingkan dengan karyawan yang lain, Doronglah karyawan untuk berbicara, Jangan menggunakan kalimat yang berputar-putar, membuat kesimpulan dari hasil wawancara dan menyampaikan hasil kesimpulan kepada karyawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar